Headlines News :
Home » » dampak akibat keranjingan facebook

dampak akibat keranjingan facebook

Facebook bisa membantu Anda mengumpulkan ratusan teman secara instan, tetapi orang dengan rasa percaya diri yang rendah akan membatasi komentar mereka di Facebook daripada kehilangan teman. Demikian dilaporankan dari sebuah studi. 

Meskipun sosial media bertujuan untuk membagikan apa yang sedang dirasakan dan bisa menjalin persahabatan, namun peneliti menemukan bahwa ada sebagian orang yang lebih suka membuat opini buruk tentang dirinya sendiri. Mereka lebih suka memposting pesan negatif yang tidak disukai teman-teman di dunia maya dan akhirnya menjauhkan diri mereka dengan teman yang lain.

Dalam sebuah penelitian, psikolog dari Kanada, Amanda Forest dan Joanne Wood bertanya kepada sekelompok mahasiswa tentang apa yang mereka pikirkan mengenai Facebook, jejaring sosial yang telah memiliki 800 juta anggota di seluruh dunia.

Psikolog menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah percaya bahwa jejaring sosial merupakan tempat yang lebih aman untuk menjalin persahabatan karena mereduksi risiko terjadinya situasi yang janggal.

Psikolog dari University of Waterloo tersebut kemudian mewawancara para mahasiswa tentang apa yang biasanya mereka tulis di profil Facebook. Psikolog menanyakan apakah mereka menuliskan hal positif atau negatif. 

Akhirnya, peneliti menemukan bahwa orang yang menuliskan sesuatu yang positif lebih disukai ketimbang orang yang menuliskan sesuatu yang negatif.

Misalnya, jika ada seseorang yang memposting bahwa ia sangat beruntung memiliki teman dan tidak sabar menunggu hari yang luar biasa besok, akan lebih disukai dibandingkan orang yang mengeluh karena kehilangan ponsel. 

Forest, ketua penulis laporan penelitian ini, mengatakan bahwa Facebook menyediakan kesempatan yang ideal untuk melakukan hubungan sosial dan bisa menjadi sesuatu yang berguna bagi orang yang seringkali berada dalam situasi yang canggung di dunia nyata. 

"Jika Anda berbicara dengan seseorang secara langsung dan mengatakan sesuatu, Anda mungkin akan mendapatkan indikasi bahwa mereka tidak suka, atau mereka muak mendengar kata-kata negatif Anda. Di Facebook, Anda tidak akan melihat sebagian besar reaksi ini," ujar Forest.

Forest memang belum menginvestigasi apakah komentar yang negatif akan menimbulkan respon yang negatif juga, namun ia menyarankan agar sebelum melakukan posting, pengguna memastikan dampak postingan tersebut bagi anggota jejaring sosialnya.

sumber: www.kompas.com

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. irakbuzz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger