Headlines News :
Home » , » 7 Makanan Penguat Tubuh

7 Makanan Penguat Tubuh

Kedelai Penguat Tubuh
Pergantian musim biasanya datang bersamaan dengan meningkatnya serangan penyakit, terutama pada mereka yang memiliki “jam terbang” tinggi. Agar tidak gampang tumbang karena sakit, peliharalah stamina dengan cara berolahraga, menerapkan gaya hidup sehat, serta memilih jenis makanan yang tepat. Beberapa jenis makanan berikut ini terkenal ampuh menguatkan sistem imunitas tubuh sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit:
1. Kedelai
Kandungan isoflavon di dalam kedelai bersifat antioksidan sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam memerangi efek buruk radikal bebas. Isoflavon juga besar perannya dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. 
2. Brokoli
Sayuran hijau ini mengandung sulforafan—yang merupakan golongan senyawa antioksidan paling ampuh, sehingga efektif memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat memelihara stamina. Kandungan zinc dan selenium di dalam brokoli juga terkenal ampuh meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 
3. Bawang Putih
Kandungan zat allicin di dalam bawang putih berkhasiat memerangi bakteri dan infeksi yang menyerang tubuh. Bawang putih juga mengandung antioksidan serta zat antiradang yang bisa membantu mengatasi gejala sakit tenggorokan.
4. Ikan
Di antara jenis makanan laut lainnya, ikan adalah sumber nutrisi terbaik. Ikan tuna, salmon, dan sardin kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang berguna menstabilkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga mengandun zinc yang mampu menguatkan sistem imunitas tubuh.
5. Yogurt  Rendah Lemak
Minuman dari susu yang difermentasikan ini mengandung bakteri baik (probiotik) yang berguna melindungi sistem pencernaan serta membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. 
6. Ubi Jalar
Ubi jalar mengandung beta karoten, yaitu sejenis antioksidan yang berguna memerangi sel-sel penyebab kanker. Selain itu, ubi jalar juga banyak mengandung vitamin A yang bemanfaat menghambat proses penuaan dini.
7. Cokelat
Kabar baik bagi Anda pecinta cokelat! Selain lezat, cokelat juga merupakan sumber antioksidan bernama flavonoid yang mampu menyehatkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Tapi dengan catatan, Anda memilih  dark chocolate yang mengandung setidaknya 70% kokoa.
Tak perlu obat kan, untuk membuat tubuh Anda tetap sehat? Sambil menikmati kelezatan rasanya, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaatnya. Selamat makan!

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. irakbuzz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger